Setelah kita selesai mendesain suatu artwork apakah itu brosur,poster, pamflet, buku dan media cetak lainnya pastikan hal – hal berikut sudah dikerjakan :

Image Resolution
Pastikan image resolution untuk media cetak yang menuntut high-quality print memiliki image resolution 300 ppi. Image resolution di bawah 300 ppi tentu tidak akan mendapatkan hasil cetak yang maksimal. Tentu ada pengecualian untuk beberapa media seperti spanduk, bilboard, surat kabar yang mana tidak menuntut image resolution tinggi.

Ukuran Artwork
Pastikan ukuran dimensi dari artwork/dokumen/images yang akan dicetak memiliki ukuran dimensi yang telah sesuai dengan yang diminta/diinginkan. Katakanlah kita diminta/ingin membuat brosur dengan ukuran A4 (21 cm X 29,7 cm), pastikan benar bahwa ukuran dokumennya telah sesuai.

Bleed
Pastikan bahwa kita telah melebihkan sedikit halaman dokumen, yakni sedikit lebih lebar dan sedikit lebih panjang dari ukuran sebenarnya. Contoh : kita membuat brosur dengan ukuran A4 (21 cm X 29,7 cm),maka lebihkan sedikit dari ukuran panjang sebenarnya sekitar 0,5 cm dan lebarnya sekitar 0,5 cm. Area yang berada di luar area 21 cm X 29,7 cm tersebut dinamakan area bleed. Area bleed ini akan ikut tercetak, namun setelah dicetak maka area bleed ini akan dipotong/dibuang. Dengan demikian pastikan bahwa semua elemen disain berada di area 21 cm X 29,7 cm ini.


Ilustrasi Bleed Area

Warna
Ada 2 color mode yang digunakan untuk web dan media cetak :

RGB : adalah color mode yang digunakan oleh computer screen, tablet,smartphone

CMYK : color mode yang digunakan dalam proses cetak

Di saat proses disain gunakan color mode RGB, pertimbangannya adalah file size dengan color mode RGB lebih kecil, ada effect dan filter di Photoshop yang tidak bisa digunakan dengan color mode CMYK, color range yang lebih kaya di RGB. Setelah proses disain dianggap selesai dan siap dicetak pastikan pilihan color mode yang digunakan CMYK. Dengan demikian jangan lupa untuk mengkonversi color mode dari RGB ke CMYK.

Font
Saat artwork telah selesai dikerjakan dan siap dibawa ke tempat percetakan pastikan font yang digunakan ikut disertakan.Katakan dalam artwork menggunakan font Helvetica, pastikan font file Helvetica ikut disertakan filenya. Namun ada cara yang lebih praktis bila tidak mau repot menyertakan font file untuk dibawa ke tempat percetakan :

Outlining font : Outlining font bisa dilakukan di Adobe Illustrator. Setelah artwork selesai didisain di Adobe Photoshop, buka file tersebut di Adobe Illustrator dan lakukan outlining. Outlining font berarti merubah font menjadi objek vektor , dengan tujuan untuk mendapatkan hasil cetak yang tajam.

Rasterize font : Dikerjakan di Adobe Photoshop

Outlining font di Adobe Illustrator

 

infografis tips percetakan : 

Cetak & desain apapun yang kamu butuhkan dapat dipesan di lihai studio :

Jl. Palembang – Betung Km 13 (Samping BCA), Alang-Alang Lebar,
Palembang, Sumatera Selatan, 30196.

Telp : 0711 384657
Hp/Line/Wa : 0813 4020 5030
Email : lihaistudio@gmail.com
Web : lihaistudio.com