Dalam sebuah perusahaan barang maupun jasa, customer atau pelanggan sangat penting demi kemajuan perusahaan itu sendiri. Karena itu, pelanggan juga merupakan aset terpenting dalam perusahaan yang harus dikelola dengan baik. Strategi yang tepat untuk mengelola hubungan antara perusahaan dengan pelanggan yaitu menerapkan Customer Relationship Management.

CRM atau Customer Relationship Management merupakan strategi bisnis yang memadukan proses, sumber daya manusia dan teknologi untuk membantu perusahaan dalam meningkatkan prospek penjualan, mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah puas dan loyal terhadap perusahaan.

Tujuan dari CRM yaitu untuk memahami sikap, segala kebutuhan, dan perilaku masing-masing pelanggan agar pihak perusahaan dapat memberikan pelayanan yang optimal dan mempertahankan hubungan yang baik dengan pelanggan. Jika perusahaan ingin mencapai dan mempertahankan kesuksesan bisnisnya, maka ia harus berfokus pada CRM secara berkelanjutan.

John R. Alwi, seorang ahli CRM mengatakan, ada beberapa prinsip-prinsip dalam CRM agar pelanggan tetap loyal terhadap perusahaan. Prinsip-prinsip tersebut, antara lain melakukan segmentasi pelanggan berdasarkan seberapa penting pelanggan terhadap perusahaan dan memperlakukan mereka sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Berdasarkan prinsip tersebut, adapun metode-metode dalam CRM bagi perusahaan, yaitu:

Identify

Mengidentifikasi pelanggan berdasarkan data yang ada dengan cara membuat daftar riwayat pelanggan. Metode ini bertujuan untuk mengetahui seberapa penting pelanggan bagi perusahaan.

Differentiate

Melakukan segmentasi terhadap pelanggan berdasarkan kebutuhan dan nilai yang diberikan untuk perusahaan.

Interact

Berinteraksi terus menerus dengan pelanggan dan bersedia melayani segala kebutuhan pelanggan. Tujuannya agar pelanggan tetap setia dan dapat menciptakan hubungan jangka panjang dengan perusahaan.

Customize

Membuat tindakan atau perlakukan khusus untuk pelanggan sesuai dengan kebutuhan mereka. Pelanggan dengan loyalitas tinggi dan memberikan keuntungan lebih bagi perusahaan berhak mendapatkan perlakukan yang berbeda dari pelanggan lainnya dan lakukan komunikasi untuk memastikan bahwa harapan mereka terpenuhi.

Dengan CRM, perusahaan tidak perlu melakukan promosi secara besar-besaran untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan. Hubungan timbal balik antara perusahaan dengan pelanggan pun dapat terjadi dengan sendirinya. Pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan diberikan oleh perusahaan akan tetap loyal terhadap perusahaan. Perusahaan pun akan selalu mendapat penilaian yang baik di mata pelanggan dan dapat meraih keuntungan serta kesuksesan bisnis.

Cetak & desain apapun yang kamu butuhkan dapat dipesan di lihai studio :

Jl. Palembang – Betung Km 13 (Samping BCA), Alang-Alang Lebar,
Palembang, Sumatera Selatan, 30196.

Telp : 0711 384657
Hp/Line/Wa : 0813 4020 5030
Email : lihaistudio@gmail.com
Web : lihaistudio.com